Upgrade Linksys WAP54G dengan DD-WRT

Hari ini coba-coba otak-atik access point linksys WAP54G, dari pada bengong di kantor iseng2 coba upgrade WAP54G dengan DD-WRT. setelah cari-cari sama paman google akhirnya ketemu juga cara upgrade linksys dengan DD-WRT, daripada berlama – lama kita mulai aja oprek2nya ya….

1.Download dulu firmware ddwrtnya, jangan lupa cari yang micro ya..untuk downloadnya bisa cari di ( http://www.dd-wrt.com/dd-wrtv2/downloads/stable/dd-wrt.v23 SP2/micro). kalo tidak bisa di download cari aja di http://www.dd-wrt.com trus ikutin aja directory buat downloadnya. simpan hasil download tadi di kompe kamu.

2.Siapin Linksys WAP54G kalo perlu reset ke default biar setingan kembali ke defaul semua, setelah itu konekin linksys dengan kompe trus ketik 192.168.1.245 di web browser.kalo berhasil nanti akan keluar tampilan login buat masukin user sama password. kasih passwordnya “admin”

setelah itu masuk ke administrasi lalu ke firmware upgrade trus masukin firmware dd-wrt yang tadi dah didownload. trus klik tombol upgrade dan tunggu prosesnya hingga selesai ( sambil doa ya biar ga gagal ).

3. udah kelar upgrade ke ddwrt, teken tombol reset 10 detik abis itu cabut kabel power supply sambil tetep neken tombol reset abis itu colokin lg kabel power supplynya

4. Buka browser dengan alamat http://192.168.1.1, login dengan username : root, password : admin dan jreeen WAP54G sudah terisi DD-WRT dan tinggal di seting.

5.Yang menarik, di DD-WRT54G ada banyak fitur yang nggak tersedia di firmware WAP54G yang asli :

– DHCP Service

– DHCP Forwarding

– Syslog

selamat mencoba ya….

44 responses to “Upgrade Linksys WAP54G dengan DD-WRT

  1. CMIIW… biasanya sih sekelas router yang diubah firmwarenya. anda yakin itu linksys wap54g? jangan-jangan linksys wrt54g? atau mungkin hal ini cuma sekedar copas saja sementara anda sendiri belum nyoba ???

  2. saya sudah coba untuk upgrade WRT54G Firmware Version: v7.00.1 tetapi selalu failed ketika saya coba upgrade. (dd-wrt.v23_wrt54g.bin). mengapa hal tersebut terjadi, mohon pencerahaannya.

  3. gimana cara ganti mac address…
    karna tiap upgrade firmware mac nya sama 00:90:4c:91:00:01
    apa ada software buat ngerubahnya?
    mohon pencerahan?

  4. mas wawan walaupun sudah di upgrade pake ddwrt tapi linksys itu tetep fungsinya sebagai Access Point ga bisa jadi router,cuma tampilannya jadi DDWRT..jadi intinya cuma tampilannya berubah dan ada penambahan sedikit fitur2 lainya tapi ga semua yang ada berfungsi…

    salam

  5. Sy dah berhasil upgrade ke dd-wt 2.4 micro generic. Masalahnya ketika sy jadikan AP client, malah gak ada site survey nya. Gimana ya mo site survey, atau bisa gak dijadikan AP client, jangan2 hanya bisa berfungsi sebagai ap saja. Salam

  6. cara reset password root gimana ?
    krn udah di ganti lewat web ddwrt …
    tp kok tetep ga bisa ya…………

    note= wap54g ver.3 di flash dg dd-wrt.v23_micro_generic.bin

    di tunggu jawabanya nih

    trims

  7. permisi mas harjoena…
    saya mau tanya..sebelum saya mencoba upgrade..
    setelah WAP54 di upgrade jadi DDWRT, apa fitur DHCP nya bisa dipakai?
    Terima kasih.

  8. @harjoena
    ph iya maksudnya fitur DHCP di DDWRT bisa di manfaatin kok..coba dulu ja..
    fitur standar nya siapa nih mas?
    kan justru WAP54 nya kan ngga ada DHCP. yg ada malah di DDWRT nya.
    itulah yg ingin saya manfaatkan.
    Jadi pertanyaan saya, setelah WAP54 di upgrade jadi DDWRT, apakah fitur DHCP di DDWRT nya bisa dipakai? karena sebelum nya di WAP54 tidak ada fitur DHCP.

    trima kasih untuk ilmu nya.

  9. salam kenal mas harjoena…mau nanya nih mas….

    aku punya linksys wap54g dah di upgrade ke ddwrt dah sett dan bisa konek ke internet tp tiba2 dia kembali ke set depault tanpa di apa2an

    apa emang gitu yah???
    tlg pencerahanya n solusi spy jgn lagi ke set depaulynya
    cp deh sett terus…..
    thx mas….

  10. salam kenal mas..
    mas tulung donk??
    wap dah di upgrade ke dd wrt… sukses semuanya
    tp saya lupa pass yang baru… dah di reset di belakang koq ga bisa default ya?? 30 detik dengan power 30 detik tidak dengan power 10 detik dengan power 10 detik tidak menggunakan power……. ga bisa sama aja
    sampe2 saya bongkar linksysnya… huehuehue di bongkar jg ga ngerti…
    mohon pencerahnnya mas
    sebelumnya terimkasih mas…

  11. saya sudah coba, tapi hasilnya lampu actnya tidak menyala setelah direset. gimana nih, apa AP saya tidak rusak. gimana solusinya??? tolong ya mas!!!!

  12. Gara-gara pengen ngembaliin mac addressnya disesatkan ma penjelasa dari forum ini :

    http://www.dd-wrt.com/phpBB2/viewtopic.php?t=18496&view=next&sid=f63ab97ca8da69256245b0bac000cd79

    You just need this:
    Code:
    nvram set et0macaddr=xx:xx:xx:xx:xx:xx
    nvram commit
    reboot

    It will hold until next restore to defaults.

    jawabnya

    It worked! I knew I was making thing far more difficult than they needed to be.

    Thanks for your help.

    eh nggak tahunya, eth0nya kok jadi nggak hidup, radionya masih hidup, masih kedetek tapi nggak bisa konek internet karena lannya mati nggak bisa di ping.

    gimana ngeresetnya seperti bawaan linksys wap54g v3.1 yang cuma tinggal tekan tombol reset di belakang?

    • Maaf kalau terlambat komen.
      Kembalikan aja firmware ke bawaan WAP54G nya :

      1. Download Firmware WAP54G (cari di http://www.linksys.com) deatilnya saya kurang tau.

      2. Kalau sudah ada firmware aslinya, rubah nama filenya jadi wap54g.bin, biar gampang dan simpan di drive C

      3. Cabut Power AP nya dulu dan jangan dipasang sementara

      4. Masuk ke DOS Comand ( start-run, ketik cmd – enter )

      5. Masuk ke C:> (CD\) enter

      6. Ketik : tftp -i 192.168.1.xxx put wap54g.bin (sesuaikan IPnya dengan kondisi yang ada)

      7. Jangan dienter dulu. Colokin power dan langsung tekan enter, tunggu sebentar, jika gagal coba ulangi lagi. dan jangan takut AP bakal rusak.

      8. Jika berhasil dan lampu WAP normal, coba ping 192.168.1.245

      9. Kalau reply, coba browsing lewat IE (192.168.1.245).

      Semoga WAPnya Sembuh dan kembali seperti semula

      • dah dapat kok caranya. yang baru diganti kan masih mac addrnya et0, sedangkan wlan masih terdetek. karena sebelumnya wlan sudah dibuatkan ipnya, tinggal konek aja, dgn ip wifi cliet diisi manul. hehehe kemudian buka dr ip wlan dd-wrtnya. dah aman sekarang. setelah beberapa bulan nganggur. setelah gagal segala cara mereset WAPnya.

  13. Linksys anda BERMASALAH?? atau “blinking” ???
    Hubungi kami sekarang juga…daripada Linksys anda menjadi barang rongsokan…
    Kami akan sulap jadi baru kembali…!!

    Silahkan kontak / SMS di :

    HP : 081-242-98-9993 ( Makassar )

  14. mas, mau tanya ni, disini kan dibahas upgrade dari wrt linksys menjadi wrt ddwrt, bagaimana kalo kebalikannya ? mohon jawabannya kirim ke email saja.

    sebelumnya saya sampaikan terima kasih.

  15. om..om..mbah para master networking sekalian…, tolong dong..
    sy ada WAP54G yang sekiranya mau dijadiin untuk memperluas jangkauan wifi (repeater) dari router WRH54G

    sayangnya di Linksys ada ketentuan macam ini :

    “Note WAP54G: When set to “AP Client” and “Wireless Bridge” mode, this device will only communicate with another Linksys Access Point (WAP54G). When set to “Wireless Repeater” mode, this device will only communicate with another Linksys Access Point (WAP54G) and Linksys Wireless-G Router (WRT54G).

    “So the WAP54G will not repeat (extend the signal) of your WRH54G”

    nah.. jadinya sy flash dah tuh WAP54G dgn DD-WRT v24 http://www.dd-wrt.com/dd-wrtv3/dd-wrt/hardware.html, router WRH54G juga daku flash dgn DD-WRT http://www.dd-wrt.com/phpBB2/viewtopic.php?t=27523 yang menurut beberapa forum ada fungsi WDS nya yg bisa digunakan untuk komunikasi antar AP scr wireless

    1.security wireless nya sy matiin
    2.WRH54G setting sebagai AP
    3.Connection type repeater “disable”
    4.WAP54G sbg Repeater (mac masing2 uda ak masukin) di bagian WDS dan uda “site survey” sukses..
    5.SSID sy bedain antara AP & repeater

    tapi kok klo aku konek ke SSID nya si WAP54G ga bisa internetan yah..?? alias si WAP54g oga komunikasi via wireless ama si WRH54G.
    ada yang uda pernah coba? apakah ada settingan lainnya kah?
    (kalo antara AP & Router dikonek via kabel baru bisa konek, padahal sy maunya itu si repeater bisa dihubungkan secara wireless)

    Mohon pencerahannya om…

  16. Selamat siang mas harjoena,

    kemarin setelah saya melihat tutorial dari mas tentang mengganti firmware WAP54G dengan DD-WRT, saya mencoba untuk menginstall dd-wrt di WAP54G saya, namun dikarenakan saya mengkoneksikan dengan network 192.168.88.0. Jadi setelah dd-wrt nya terpasang di WAP54G saya, saya pun langsung mengganti static IP address AP nya menjadi 192.168.88.1 (yang dari defaultnya dd-wrt 192.168.1.1) saya save changed dan WAP54G saya mulai Reboot, setelah itu saya coba Connect kembali ke WAP54G nya kemudian di minta authentikasi, jadi saya isikan default Authen dari dd-wrt nya yaitu ID= root ; Pass = admin namun tidak bisa login ke dalam AP nya. saya coba lagi dengan pass yang pernah saya setting sebelumnya namun tetap ga bisa login, jadi saya terpaksa untuk Reset WAP54G dengan menekan tombol reset di belakang, sama seperti tutorial2 yang saya ikuti di google, ada yang tahan tombol reset dari 10detik hingga 1 menit, bersamaan dengan matikan powernya. Namun semua usaha saya tidak berhasil T_T.

    saya melihat lampu ACT nya tidak menyalah. namun lampu Power dan Link masih menyalah. Saya sangat mohon pencerahan dari mas2 sekalian yang tergerak hati nya tuk mau membantu saya.. Terima Kasih ^^

  17. oh ya.. saya juga sudah melakukan tutorial yang dari mas Yudie

    “Kembalikan aja firmware ke bawaan WAP54G nya :

    1. Download Firmware WAP54G (cari di http://www.linksys.com) deatilnya saya kurang tau.

    2. Kalau sudah ada firmware aslinya, rubah nama filenya jadi wap54g.bin, biar gampang dan simpan di drive C

    3. Cabut Power AP nya dulu dan jangan dipasang sementara

    4. Masuk ke DOS Comand ( start-run, ketik cmd – enter )

    5. Masuk ke C:> (CD\) enter

    6. Ketik : tftp -i 192.168.1.xxx put wap54g.bin (sesuaikan IPnya dengan kondisi yang ada)

    7. Jangan dienter dulu. Colokin power dan langsung tekan enter, tunggu sebentar, jika gagal coba ulangi lagi. dan jangan takut AP bakal rusak.

    8. Jika berhasil dan lampu WAP normal, coba ping 192.168.1.245

    9. Kalau reply, coba browsing lewat IE (192.168.1.245).

    Semoga WAPnya Sembuh dan kembali seperti semula”

    saya masih agak bingung dengan point no 6 yaitu IP address yang dimasukan adalah IP address PC atau WAP54G nya ya..?

    dengan demikian jika saya lakukan tutorial diatas yang sering muncul adalah “timeout occured” atau “error on server”

    mohon bantuan dari tmn2 yaa.. sebelumnya saya ucapkan banyak Terima Kasih.

    • bang tolong dikasi petungjuk yang terperinci lagi dong langkah per langkah saya kok ga bisa2 yah….:(
      kalo tidak abang bisa minta YMny ga? biar aku dijarin gtu…
      makasi sebelumnya…

      Janwar

  18. Sama dengan temen2 lain WAP54G saya sebelumnya udah berhasil di dd-wrt namun karena suatu hasil saya balikin ke Firmwire defaultnya linksys dan berhasil juga. Tapi kemudian saya upgrade lagi dengan dd-wrt dan berhasil dengan menggunakan TFTP, namun untuk saya akses lewat web ato ping ke alamat 192.168.1.1 kok ngak bisa. Indikator lednya nyala semua tapi kok ngak bisa?. Apa karena alamat IP nya saya salah atau gimana ? Setahu saya waktu upgrade ke dd-wrt pake TFTP saya masukan alamat 192.168.1.245 pake alamat default WAP54G. Tolong dong pencerahannya

  19. okey..buat teman-teman yang sudah mengupgrade Linksys WAP54G ke firmware DD-WRT dan ingin mengembalikan kembali ke firmware bawaan linksys WAP54G caranya sangat mudah:
    1. download firmware Linksys WAP54G kalian di situs resmi linksys, sesuai dengan versi: XX masing2 (untuk melihat versi linksys kalian liat di label bawah AP nya)
    2. setelah di download file tersebut berupa file *.zip dan isinya berupa file *.trx . ekstraklah kemudian rubahlah file *.trx menjadi *.bin
    3. buka browser dan buka pengaturan dd-wrt kalian dan pilih menu tab administrasi-upgrade firmware dan cari file *.bin yang sudah kamu rubah tadi. kemudian tekan tombol upgrade..
    4. beberapa saat kemudian lampu orange linksys berkedip menjadi putih lalu orange.
    5. binggo…..kamu sudah berhasil mengembalikan firmware bawaan linksys..
    6. sekarang buka browser kalian dan ketik 192.168.1.245, muncul form pengisian username dan password bawaan linksys. kosongkan username , isi password = admin. enter
    7. oh linksys akhirnya kamu balik lagi.
    8. masih kurang jelas hub saya di: adnan_tutu@yahoo.com

  20. saya tadi baru upgrade WAP54G ke v1 ddwrt dan ternyata gagal..
    ada solusi gak ya , soalnya tadi saya coba konek ke ip nya juga gak bisa …lampu kuning masih menyala
    mohon tutorialnya

  21. Sukses. Dan terima kasih, ternyata tutorial ini benar adanya. Bukan COPAS dari tempat lain. Mungkin. Tapi kalopun iya, memang bisa kok, jadi router padahal tadinya bukan router. dan memang WAP54G. Salut dan good luck bro.

  22. Mas Harjoena,
    Sepertinya saya gagal dalam upgrade WAP54G, saya ingin mengembalikan ke kondisi semula menggunakan tftp kok muncul tulisan seperti ini kenapa ya?
    ‘tftp’ is not recognized as an internal or external command,
    operable program or batch file.
    mohon bantuannya, karena saya upgrade menggunakan browser di menu administrasi upgrade firmware tidak bisa, masalahnya ketika saya klik “UPGRADE” browsernya blank putih/tidak ada progress…
    terima kasih

  23. Mas.
    saya gagal flashing WRT54G, power led blinking terus.sudah saya coba berbagai cara, reset 30-30-30sec, tftp, sampai short pin 16 ke ground antena.Tapi masih blinking, tidak bisa connect ke Router(192.168.1.1)
    Tolong mas infonya. dah hopeless neh.
    Thanks

  24. To : Mas Harjoena

    Kl muncul pesan seperti itu, berarti software ‘tftp’ anda tidak lengkap saat anda melakukan download. Coba download kembali di website DDWRT dan silahkan ulang kembali cara upgrade to standart default firmware.

    Semoga berhasil…

    Ada juga pembahasan seputar DDWRT di web kami…,silahkan jalan2 ke sini mas http://www.ifanet-hotspot.com

    Thanx

Tinggalkan Balasan

